Klasemen Sepakbola dengan Excel

Dalam dunia olahraga, pertandingan yang melibatkan banyak peserta/tim memerlukan sistem penilaian tertentu sehingga dapat diketahui peringkat terbaik atau sang pemenang. Tabel klasemen merupakan salah satu metode untuk menentukan peringkat.

Sudah banyak orang membuat aplikasi klasemen khususnya sepakbola dengan excel yang dapat dengan mudah kita cari melalui mesin pencari seperti Google. Excel kali ini bertujuan sama, membuat tabel klasemen berdasarkan input/masukan yang diinginkan dan menghasilkan klasemen yang diinginkan mengandalkan rumus-rumus tanpa macro VBA.

Bila pertama kali diunduh (download) dari blog ini, file exel ini sudah berisi data klasemen pertandingan Liga Indonesia 1 2017 yang telah selesai digelar. Untuk memulai dari awal hal-hal berikut harus dilakukan :

  1. mengisi jumlah tim di sel C4, batas maksimum adalah 30 tim.
  2. hapus terlebih dahulu nama tim yang ada di range C9:C38, lalu isikan nama-nama tim baru secara berurutan
  3. hapus semua data pertandingan di range G9:K878. Jangan sampai menghapus sel-sel selain yang disebutkan langkah 3 dan 2 ini. Umumnya excel seperti ini diprotect untuk menghindari salah hapus, namun supaya mudah dipelajari excel ini TIDAK DIPROTECT, silakan memasang protect apabila diperlukan.
  4. Jika tidak ada data pertandingan maka tabel klasemen tentu tidak ada gunanya, oleh karena itu isikan data-data pertandingan satu persatu mulai baris G9:K9. Biasanya pengisian dilakukan secara urutan kronologi waktu. Jika kita rajin membaca berita atau membuka situs-situs resmi liga maka kita bisa mendapatkan data-data ini pertandingan ini.
  5. Yang diisikan di data pertandingan adalah tim home (kolom H), tim away (kolom I), gol home (kolom J) dan gol away (kolom K). Data tanggal pertandingan (kolom G) boleh diisi boleh tidak, namun yang pasti pengisiannya mengikuti urutan waktu pertandingan, hal ini penting karena di bagian atas daftar pertandingan ini ada SCROLL BAR yang bisa diatur untuk melihat perubahan klasemen berdasarkan kronologi waktu. Perhatikan contoh pengisian pada gambar berikut untuk Premier League Inggris 2017

Bila telah mengikuti petunjuk pengisian di atas, maka pada kolom N dan seterusnya muncul klasemen yang diinginkan. Tabel telah menjadi urut mengikuti nilai (score) tiap team. Umumnya score pada pertandingan sepak bola tiap tim adalah jumlah menang x 3 + jumlah seri x 1.

Selain bentuk klasemen di atas, terkadang ingin ditampilkan terpisah klasemen untuk tiap tim khusus saat bertanding di kandang (home) atau bertanding di luar (away). Maka excel ini juga menampilkan hal tersebut yang dapat dilihat mulai kolom X dan seterusnya, berikut contoh klasemen La Liga Spanyol 2017.

edit tambahan (19/12/17) : Gerakkan scroll bar ke kiri dan ke kanan untuk menyusuri lini waktu perubahan klasemen dari waktu ke waktu.

Trik yang sulit dalam membuat klasemen ini adalah bila ada 2 atau lebih tim yang memiliki score SAMA. Setiap liga memiliki aturan sendiri-sendiri untuk masalah ini. Contoh pada Liga Indonesia 1 2017, pada peraturan/regulasi pertandingannya disebutkan pada pasal 15 tentang Sistem Kompetisi bahwa jika ada 2 atau lebih tim bernilai sama, maka penentuan peringkat dengan melihat hal-hal berturut-turut :

  1. head-to-head
  2. selisih gol
  3. jumlah memasukkan gol
  4. undian

Pada excel ini ditambahkan opsi untuk menggunakan sistem head-to-head atau tidak, dapat dilihat check box di atas tabel klasemen. Jika dicentang maka sistem head-to-head dipakai, jika tidak dicentang maka sistem head-to-head tidak dipakai. Dapat dilihat pada gambar di bawah jika sistem Head-to-Head digunakan maka peringkat pertama atau pemenang Liga Indonesia 1 2017 adalah Bhayangkara FC sedangkan bila centangnya dilepas maka pemenangnya adalah Bali United.

Untuk melihat head-to-head antar 2 tim dapat digunakan fasilitas di atas daftar pertandingan seperti gambar berikut :

Atau jika ingin melihat head-to-head keseluruhan tim, dapat dilihat pada tab sheet “head-to-head” seperti gambar di bawah yang menggunakan data Liga seri A Italia.

Dalam excel ini disertakan 4 sampel data yang diambil dari website resmi liga sepakbola yang dapat dilihat di tab sheet “simpan”, kecuali Liga Indonesia yang sudah tuntas, pertandingan lain masih berjalan sehingga data yang tersedia hanya sampai tanggal 18 Desember 2017 saat excel ini selesai dibuat. Silakan mencoba copy dan paste dari sheet ini ke tab sheet “tampil”. Gunakanlah perintah PASTE VALUES supaya tidak merusak format tabel, warna, garis dan sebagainya yang telah ada.

  1. Premier League Inggris 2017
  2. Liga Indonesia 1 2017
  3. La Liga Spanyol 2017
  4. Seri A Italia 2017

Excel ini bebas untuk dimodifikasi untuk keperluan apapun dan siapapun. Silakan memodifikasi dan unduh file klasemen1.xlsx di tautan di bawah ini:

unduh file excel

Catatan : Pembuat excel ini TIDAK TERLALU PAHAM tentang sepakbola dan memang TIDAK SUKA menonton pertandingan sepak bola, sehingga jika ada kesalahan mohon dimaklumi dan silakan dikoreksi atau ditulis di kolom komentar agar bisa diralat.

28 comments

  1. Semoga menjadi amalan untuk agan, semoga sehat terus gan, terima kasih sudah mau berbagi ilmu untuk kita yg awam, semoga rizky nya bertambah gan. Aamiin.

    Suka

  2. coba ditambahkan untuk pengkoleksi kartu kuning dan merah, dan juga untuk top skor bang, terima kasih banyak kalau permintaanku bisa dikabulkan hehehe

    Suka

  3. Terima kasih, datanya sangat membantu bang, ohy boleh tanya bagaimana rumusnya apabila kita buat sistem kompetisi semacam mini liga begitu tapi dengan sistem trofeo yg mana apabila hasil imbang akan di lanjutkan dengan adu penalti dengan peraihan poin menang 2 poin kalah 1 poin

    Suka

  4. Makasih gan saya izin ambil, cuma ada kesalahan di klasemen home, untuk bagian gol memasukkan seharusnya rumus sumifnya SUMIF(home;C9;golh) dan gol kemasukan SUMIF(home;C9;gola). Cuma tertukar sedikit

    Suka

    1. terima kasih atas kunjungannya,… untuk formula nilai menang seri kalah ada di kolom AU, BI dan BP… scroll saja ke kanan nanti ketemu, ya harus modifikasi lumayan sih utk menjadi klasemen basket

      Suka

  5. Bang gimana caranya bisa otomatis tambah tabel sama kurangi tabelnya, saya sdh ikuti formulanya tapi tetp gak bisa.. kalau boleh bagi ilmu bang

    Suka

  6. Saya ingin membuat tabel kompetisi badminton 15 pemain semua saling ketemu dengan skor rely point. Jika kemenangan 2 set langsung maka poin pemenang 3 poin, jika kemenangan dengan rubber game maka poin jadi 2:1. Bisakah tolong dibuat rumusnya?

    Suka

  7. mau tanya bang, kalau misal ada satu pertandingan yang batal trus kedua tim dibuat wo dan masing0masing mendapat poin 0 bagaimna ya caranya untuk mengubah rumusnya ?

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.