Menulis Alay dengan Excel tanpa VBA

Mengetik dengan mengganti huruf-huruf tertentu dengan karakter berbeda merupakan fenomena yang disebut tulisan alay. Contohnya kata “bahasa kita” menjadi “34H45a k17a”, contoh ini relatif sederhana karena pada tingkat yang lebih sulit tidak merubah per huruf namun per kata disingkat, dan sebagainya.

Excel kali ini mencoba membuat generator tulisan alay, yang sudah banyak dibuat orang jika dicari di mesin pencari seperti google. Jika menggunakan VBA macro sebenarnya generator alay ini lebih mudah dibuat, namun tantangan dalam excel ini adalah cukup menggunakan formula/rumus excel saja. Berikut adalah tampilan excel yang dimaksud, cukup masukkan tulisan input pada sel C3, maka hasil konversi dapat dilihat pada sel C8. Batasan dari excel ini input tulisan adalah 255 karakter.

Dapat dilihat tulisan alay yang dihasilkan adalah menggantikan setiap huruf secara acak dengan karakter sesuai pada suatu tabel di sel kolom I hingga kolom M. Dapat ditentukan sendiri karakter-karakter pengganti untuk setiap huruf.

Excel ini bebas untuk dimodifikasi untuk keperluan apapun dan siapapun. Silakan memodifikasi dan unduh file ngalay.xlsx di tautan di bawah ini:

unduh file excel

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.